Kampret !!! Si Holil, Ngaku Wartawan Jadi Penipu,
Bermodus Tawarkan Barang  Murah Via BBM



KABAR BURUK,-Berprofesi sebagai wartawan adalah pekerjaan yang mulia, tapi tidak dengan Holil, begitulah dia mengaku nama. Warga Kampung Curug, RT. 11/ RW. 06, Kelurahan CIP Melayu, Jakarta Timur (Berdasarkan identitas yang ia diberikan). Dengan modus menawarkan barang murah : Kamera, laptop dan dan handphone lewat BBM,  ia berhasil tipu daya  Jaka (bukan nama sebenarnya), seorang mahasiswa di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, (11/07) kemarin.
            Jaka mengaku, komunikasi yang ia jalin dengan Holil (Pelaku penipuan) sudah 3 (tiga) bulan. Pada awalnya, ada yang yang meminta pertemanan lewat BBM, dengan nama COREL STORE. Ia terima saja. Tak berlangsung lama muncul pesan, berbagai promosi kamera dan handphone bermerk serba Rp. 550.000.  Bagaiman ia tidak tergiur, harga pasaran handphone dan kamera  jutaan, bisa didapat hanya dengan uang Rp. 550.000.
            “Saya pada awalnya tidak percaya, coba buka internet daftar harga kamera dan handphone yang orang itu tawarkan. Ternyata ada harga kamera sampai Rp. 20.000.000, “ tutur Jaka (12/07). Ia mulai chat dengan Sang Penipu, mempertanyakan barang tersebut. Dari mulai kelayakan hingga asal barang tersebut. Pelaku menjelaskan, bahwa semua barangnya adalah black market dari Batam.
            Jaka meminta semua bukti barangnya, dan pelaku pun  menunjukan poto beberapa jenis barang. Berbagai merk laptop, kamera, dan handphome menumpuk di tokonya. Selain itu, Si Penipu juga memperlihatkan chatingannya dengan konsumen sebelumnya, tentang pemesanan dan pengiriman barang “ Saya bertambah yakin, dengan apa yang ditawarkan pelaku. Saya berencana kedepan bisa menjalin kerjasama bisnis dengan dia. Untungnya tentu akan berlipat ganda, “ papar Jaka.
            Meski bertambah yakin, Jaka tidak langsung memutuskan membeli. Komunikasinya sempat tertunda beberapa minggu, karena ada pekerjaan. Ia menghubungi kembali pada hari selasa, (11/07), ketika muncul lagi pesan promo handphone murah, masih via BBM. “Saya chat lagi kemarin, coba dulu beli satu kamera. Saya tanya masih ada atau tidaknya. Ternyata masih ada, dan harganya masih tetap Rp. 550.000, pelaku pun menunjukan poto barangnya. “ kata Jaka.

            Pada akhirnya, meskipun ada temannya memberitahu bahwa kasus penipuan seperti itu sering terjadi. Setelah negosiasi dengan pelaku, Jaka pun memutuskan  membeli sebuah kamera. Dengan mentransfer uang muka terlebih dahulu, sebesar Rp. 200.000. Namun sial bagi Jaka, bukannya menerima bukti resi pengiriman paket kamera, tapi kontak BBMnya langsung dihapus oleh Sang Penipu yang mengaku bernama Holil. Kasian deh,  Jaka!......** (Armando)