Misteri Gunung Baduga ( Bagian I )



GUNUNG BADUGA sebuah nama bukit yang tidak asing lagi bagi warga Desa Cisewu dan Kecamatan Cidaun. Kenapa tidak,   Gunung yang terletak di wilayah Cianjur Selatan ini,  memiliki segudang misteri yang hingga saat ini belum bisa dipecahkan. Berbagai keanehan seringkali dialami oleh orang-orang yang sengaja datang ke puncak gunung itu. Kebanyakan niat mereka untuk berziarah.
            Tidaklah mudah jika kita ingin mendaki hingga ke puncak gunung, yang memiliki ketinggian kurang lebih 1000 M tersebut. Berbagai rintangan akan menghadang, kita harus melewati tebing-tebing curam, hutan yang masih terjaga kelestariannya. Tak jarang rombongan kera bergelantungan di pohon-pohon besar, dengan suara yang bisa menciutkan keberanian.
            Kami sempat tersesat ketika melakukan pendakian di tahun 2012 yang lalu. Kami berenam hanya bisa sampai di lerengnya. Pergi Jam 6.30 pagi dari rumah teman, yang kebetulan dia adalah warga sekitar gunung itu. Di kampung Cisiluman, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Tiba di lereng gunung sekitar jam 8.00. Kami berjalan beriringan. Ketika menemukan dua jalan, kami bingung harus memilih antara ke arah kiri atau kanan. Akhirnya kami memilih arah kiri.
            Dari sanalah terjadi peristiwa di luar akal sehat, kami terus berputar-putar ke tempat asal --dimana tadi kami memilih jalan. Tapi aneh, jalan ke sebelah kanan menghilang, yang terlihat hanyalah semak belukar. Saya sempat berfikir : inilah yang disebut kesarung itu, . Kami terus mencari jalan supaya bisa keluar dari hutan. Hari semakin sore, di dalam hutan mulai gelap. Kami terus mempercepat langkah, agar tidak kemalaman di hutan tersebut.
            Kebetulan  saat berjalan, saya berada diposisi paling belakang.  Ada hal ganjil yang dirasakan, dibelakang seperti ada yang terus mengikuti-- kemana pun kami pergi. Di sepanjang perjalanan terdengar jeritan induk kera dan suara-suara aneh. Hal lain, kami seringkali melihat atap rumah, tetapi saat di dekati hanyalah dedaunan.
            Kami semakin panik, ketika hujan deras mulai turun. Di tengah perjalanan satu kawan menyampaikan ide : untuk berjalan menelusuri sungai. Kami segera menyetujui, dan berlari mencari. Hingga sempat saya terjatuh saat menuruni tebing. Setelah menemukan, kami  berjalan mengikuti arus sungai. Akhirnya, tiba di pinggir kampung lepas adzan maghrib. Ternyata keluarga temanku sudah lama menunggu, mereka berencana untuk masuk ke hutan jika belum tiba dijam itu.
            Begitulah salahsatu kisah tentang kemisterian Gunung Baduga  dibagian pertama. Nah, pada tulisan yang akan datang akan dikupas bagaimana sejarah Gunung Baduga ? dan keanehan apalagi yang terjadi di puncak gunung itu ? Simak terus, ya !.*** (Gun Gun Nugraha)


Cisewu, 09 Juli 2017