AIPTU Dik Dik Gunardi Sosok Polisi Yang Dekat Dengan Warga Cisewu



Aiptu Dik Dik Gunardi (Poto: Dik Dik Gunardi)

Bagi warga Cisewu siapa yang tak kenal Dik Dik Gunardi? Polisi berpangkat AIPTU ini begitu populer di daerah ini. Dari mulai seniman sampai buruh tani, dari pemuda hingga orang tua pasti mengenalnya. Kenapa  tidak? Pasalnya, selama 13 tahun bertugas di tempat ini, ia telah mampu membangun hubungan emosional yang baik, penuh persaudaraan dengan warga.
            Selain itu, berbagai prestasi telah ia torehkan di berbagai bidang, antara lain: kesenian, olahraga, kepemudaan, dan sebagainya. Sejak mulai bertugas  di Cisewu tahun 2002 hingga sekarang. Setiap kali ada kegiatan, Ia selalu hadir. Berbaur dengan masyarakat. Tak  membuat sekat jauh antara aparat penegak hukum dan warganya. Tidak memiliki pandangan: bahwa Polisi itu harus selalu jaga wibawa. Melainkan ia berprinsip, bahwa abdi negara itu harus manunggal bersama rakyat, berinteraksi yang baik. Membangun duduluran. Karena jiwa Sunda telah melekat dalam diri Polisi yang mahir memainkan Karinding (alat musik tradisional Sunda) ini.
            “Saya merasa dekat dengan pak KANIT, namun kami pun sangat menghormati beliau sebagai aparat penegak hukum. Di sanggar seni, beliau seringkali latihan kesenian bersama kami. Kebetulan main karinding dan celempungnya bagus, “kata Akbar, siswa SLTP (4/4).
            Selain itu, Akbar dan teman-temannya mengakui Dik-Dik Gunardi sebagai penyebar jenis alat musik tradisi itu. Dari tempat kelahirannya, di Cicalengka, dan berkembang di Cisewu. Dik Dik selalu mengenalkan Karinding ditambah jenis alat musik tradisi lainnya seperti: toleat dan Suling di setiap  ada pertunjukan kesenian, “pakaulan” sembari memakai pakaian adat Sundanya yang khas.
            “Saya ingat beliau, ketika kami mengadakan gelar budaya Sunda di tahun 2011. Pak Kanit Dik Dik bersama dengan pak Edi Supriadi (Eks. Sekmat Cisewu) telah mendukung kami, sepenuh hati. Sehingga acara sukses. Serta beliau berjasa menegenalkan alat-alat seni Sunda yang selama ini belum kami ketahui. Pak Kanit begitu dekat dengan para seniman dan pemuda”ujar Hendra, tokoh pemuda Desa Mekar Sewu.
            Namun semua itu, hanya akan menjadi kenangan AIPTU Dik Dik Gunardi dan warga selamanya. Sebab, mulai hari senin, 8 Maret 2016  ia  beralih tugas ke MAPOLSEK Cihurip. Sebuah daerah dekat Gunung Gelap. “Tugas ini harus saya terima dengan lapang dada. Ini sudah menjadi resiko abdi negara. Harus ditaati meski ke pelosok negeri. Meski  betah disini, saya harus patuhi aturan. Di daerah ini  saya merasa banyak keluarga, Cisewu tak saya anggap persinggahan. Tapi saya anggap daerah saya sendiri. Cisewu adalah daerah dimana terukir banyak kenangan yang tak akan pernah hilang sepanjang jaman,” paparnya sedikit puitis (4/3).

            Tentu saja, kabar kepindahan Dik Dik Gunardi ditanggapi haru semu warga Cisewu, “Emh, waasnya pa Kanit bade ngalih,” ujar Yuliani dengan mata berkca-kaca. “Semoga pak Kanit suatu saat bisa pindah lagi ke Cisewu, kami betul-betul merasa kehilangan,” ujar Abah Icang (70), sesepuh seniman Gegel Jubleg. Dan cetusan kata warga lainnya, mengiringi kepindahan KANITRESKRIM AIPTU Dik Dik Gunardi. (Gun Gun Nugraha)