Poto : Bupati Garut, Rudy Gunawan, ketika memberi pengarahan kepada para siswa SMAN 12 Garut.


“Saya Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengajak kepada seluruh warga Cisewu dan sekitarnya. Marilah menyekolahkan anaknya ke SMAN 12 Garut, yang sekarang fasilitasnya sudah kita tingkatkan.  Tentu akan menghasilkan proses belajar mengajar yang berqualitas dan diharapkan mampu mewujudkan cita-cita anak-anak kita. Ayo,  bersekolah di SMAN 12 Garut!“ begitulah ajakan Rudy Gunawan, Bupati Garut, saat mengunjungi sekolah tersebut (Sabtu, 20/08/2016).
            Selain itu, ia pun sangat mengapresiasi atas meningkatnya fasilitas sekolah yang berada di pusat kota kecamatan tersebut. Diantaranya telah berdiri bangunan kantor kepala sekolah, tenaga administrasi, dan ruang guru dengan megah. Bahkan menurut Rudy, kemegahannya menyamai SMAN 1 Garut. “Saya sangat mengapresiasi fasilitas SMAN 12 Garut, dalam rangka mentransfer ilmu kepada para siswa, dan yang ingin melanjutkan pendidikannya misalnya ke Sekolah Tinggi Administrasi Negara  (STAN). Itu harus dipersiapkan sejak dini. Apa saja harus dilakukan untuk mencapai cita-cita mereka, “ tutur Rudy Gunawan.
            Selanjutnya, Bupati yang telah dua tahun lebih pimpin Garut ini menyampaikan bahwa lulusan SMAN 12 Garut ini tidak kalah bersaing dengan lulusan-lulusan SMA lainnya. Salahsatunya telah menjadi pejabat penting di pendopo Garut. “Jadi SMA Cisewu ini telah menghasilkan beberapa lulusan, antaralain: ada di pendopo juga dengan qualitas frestasi yang sangat baik. Ada pula yang melanjutkan ke beberapa perguruan tinggi ternama,” ujarnya.
                                                                        
Poto :Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat tanya jawab dengan para siswa SMAN 12 Garut.


            Rudy pun mengungkapkan, bahwa ia telah membangun asrama khusus untuk para mahasiswa asal Garut. Karena ia menimbang sangat mahalnya biaya nge-kost di kota Bandung saat ini. Oleh karena itu, ia berharap kepada para siswa agar terus besemangat, apa pun situasi dan kondisinya harus terus berkembang. Apalagi menurut orang nomor satu di Garut ini, SMAN 12 Garut kini sudah ada kemajuan, sejak ia kirimkan Asep Suryana, S.Pd menjadi kepala sekolah di sekolah tersebut.
            Bupati Garut menjelaskan juga bahwa SMAN 12 Garut yang sekarang ini di pimpin Asep Suryana, S.Pd itu, mulai menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Jadi, segala sesuatu  tidak membebankan pada masyarakat. “Kecuali kalau sudah menyerah baru berunding dengan masyarakat. Karena sekolah punya kewajiban mencerdaskan anak-anak. Sekolah didorong oleh dewan guru, itu menjadi kekuatan bagi berkembangnya sekolah. Orang tua siswa, guru, murid, dan pemerintah merupakan satu lingkaran serta kesatuan yang menjadi kekuatan bagi sekolah. Dan saya berharap, jika ada anak-anak yang ditakdirkan yatim orangtuanya meninggal. Berilah kesempatan untuk mengenyam pendidikan. “ ungkapnya.*** (Gun Gun Nugraha)