Jenis batuan Margalaksana (Poto : Engkun Supriatna) 

Akhir-akhir ini perhatian masyarakat Indonesia tertuju pada Situs Gunung Padang, kabupaten Cianjur, sebagai peninggalan zaman megalitikum. Pertanyaannya, apa digunung Padang saja? Ternyata di wilayah Garut Selatan pun ada situs yang diduga peninggalan zaman megalitikum ini.

Saya pernah mendapat keterangan dari seorang pengusaha batu, Engkun Supriatna (Bungbulang, Garut). Ia mengatakan, bahwa di daerah Margalaksana, Kecamatan Bungbulang. Ditemukan jenis batuan yang diduga peningggalan kebudayaan zaman megalitik (zaman batu besar).

Susunan batuan Margalaksana (Poto : Engkun Supriatna) 

Tanah lokasi tersebut luasnya puluhan hektar, milik pemerintahan Desa. Engkun juga mengatakan, bahwa ia pernah menemukan bekas telapak kaki sebelah kiri diatas batu, jaraknya sekitar 200 meter dari tempat itu. Serta agak jauh dari lokasi tersebut, Engkun pernah menemukan perahu dan dayung kayu yang sudah membatu, tapi sudah di jualnya ke kolektor. Hal ini, menguatkan kemungkinan besar kebudayaan manusia Purba pernah hadir di wilayah Selatan Garut ini.

Pengusaha batu, sekaligus pengkaji jenis batuan itu pun menjelaskan. Bahwa jenis dan susunan batuan dilokasi tersebut sangatlah berbeda dengan batuan lain. Baik itu tingkat kekerasannya ataupun penataaannya, seperti bukan secara alamiah ( faktor kesengajaan manusia).

Poto: batuan situs gunung Padang yang bentuknya mirip dengan batuan di Margalaksana, Bungbulang


Menurut pengusaha dan mantan Polisi itu menerangkan juga  bahwa lokasi tersebut pernah ada yang meneliti (secara independen) tapi belum ada tindak lanjut.

Dengan adanya keterangan tersebut saya coba menghubungi pihak DISBUDPAR.
"Dengan adanya laporan ini, saya akan coba sampaikan ke bagian kepurbakalaan," ujar staf kepegawaian DISBUDPAR kabupaten Garut, saat saya hubungi melalui WA. ***